Agar Jantung Selalu Sehat

Written By zuhri zze on Jumat, 07 September 2012 | 20.44


Jantung termasuk organ tubuh yang  cukup vital. Kita semua pasti yakin, terganggunya fungsi jantung dan peredaran darah dapat mendatangkan suatu malapetaka bagi seseorang. Oleh sebab itu demi berlangsungnya peredaran darah yang baik, jantung perlu dijaga supaya selalu dapat bekerja dengan baik. 
Jantung yang sehat harus dipelihara agar bisa terhindar dari penyakit jantung, dan untuk menghindari atau mencegah penyakit jantung bisa dilakukan siapa saja, termasuk orang yang kurang mampu pun bisa. Dengan kata lain pencegahannya tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Lantas seperti apakah yang perlu diperhatikan dan turut mendukung pencegahan tersebut?
Di antaranya, ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk pencegahan terjadinya penyakit pada jantung itu sendiri, sebagaimana yang tertera di bawah ini:
1.      Berhati-hati memilih makanan sehari-hari
Karbohidrat, protein dan lemak adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembangkitan tenaga kerja jantung. Berbagai macam vitamin dan mineral, diperlukan sebagai bahan bantuan dalam penggunaan zat-zat makanan itu. Sehingga dapat diketahui hakikat dasar ilmu makan adalah “empat sehat lima sempurna” yang berlaku dalam pemeliharaan kesehatan pada jantung umumnya, berlaku pula untuk memelihata jantung dan peredaran darah sehat.
   2.      Berolahraga
Jantung olahragawan biasanya mengalami pembesaran yang bersifat fisiologis akibat latihan yang terus menerus dan teratur. Pembesaran jantung ini disebabkan oleh pembesaran otot-ototnya. Dengan demikian, kemampuan jantung untuk memompakan darah menjadi lebih baik sehingga pemasukan oksigen ke jaringan menjadi lebih besar. Dengan kata lain, kadar hemoglobin dan volume darah juga meningkat hingga semakin memungkinkan kelancaran transport oksigen ke jaringan tubuh.
  3.      Berusaha tidak merokok
Dengan menghisap rokok secara perlahan berarti orang telah memasukkan dua macam zat yang sangat mengganggu kesehatan tubuh terutama pada jantung yaitu; nikotin dan karbon monoksida. Nikotin merupakan salah satu perangsang yang dapat mengakibatkan dilepaskannya adrenalin dalam peredaran darah. Akibat terlepasnya adrenalindalam peredaran darah, di antaranya; akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat memperburuk kerja jantung.


Sedangkan karbon monoksida dapat mengikat reduced hemoglobin yang biasanya mengangkut oksigen dalam butir-butir darah merah. Hal ini dapt mengakibatkan daya angkut darah untuk membawa oksigen pada jaringan tubuh menjadi kurang serta memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.
4.      Berkepribadian baik
Karena manusia selalu hidup dalam masyarakat, senantiasa menghadapi bermacam persoalan, sehingga sering memicu timbulnya setress, baik ringan, sedang, maupun berat. Akibat stress yang sering dialami, bisa menimbulkan “KJF” (Kelainan Jantung Fungsional), sehingga bisa mengakibatkan jantung berdebar-debar, bahkan bisa disertai sesak nafas, mengeluarkan keringat dingin dan tekanan meningkat. Hal ini pun mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
Sebagai manusia yang cinta akan kesehatan, mulai sekarang harus bisa menjaga kesehatan dengan cara yang baik dan semaksimal mungkin. Karena kesehatan sangat berarti dalam kehidupan manusia.






0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik