Masakan Ikan Pindang Banyu Rata

Written By zuhri zze on Jumat, 07 September 2012 | 21.00


Mungkin sebagian orang bertanya-tanya dimanakah letak Banyu Rata? Dan sebagian pula bertanya-tanya di daerah mana Banyu Rata itu sebenarnya?. Banyu Rata merupakan salah satu perkampungan terpencil yang terletak di Pulau Kangean Kec. Arjasa Kab. Sumenep, meskipun Banyu Rata termasuk perkampungan terpencil akan tetapi memiliki masakan dengan aroma yang enak tersendiri yang merupakan titisan dari nenek moyang.
Di sini nampak dalam benak semua orang yang penuh dengan berjuta-juta penasaran, masakan seperti apa yang paling terkenal di kampung Banyu Rata? Masakan yang paling terkenal dan sudah menjadi masakan titisan dari nenek moyang di perkampungan Banyu Rata adalah Ikan Pindang. Rata-rata orang yang berkepulauan Kangean tentu sudah mengenal masakan Ikan Pindangdan mungkin sudah tahu cara membuat bumbu-bumbu Ikan Pindangtersebut.
Besar kemungkinan orang yang tinggal di luar Pulau Kangean ingin sekali mencoba untuk membuat Masakan Ikan Pindang ala Kampung Banyu Ratawalaupun sebagian orang cuek dengan masakan tersebut karena berasal dari sebuah perkampungan terpencil yang terletak di daerah Pulau Kangean. Akan tetapi sebagai manusia yang tergolong makhluk sosial tidak ada salahnya dalam berbagi sebuah pengetahuan antara satu dengan yang lain. Di sini pula akan saya sebutkan bumbu-bumbu Ikan Pindang beserta cara membuatnya:
Bumbu-bumbu Masakan Ikan Pindang
1.      Ikan segar ½ kg.
2.      Garam 1 sendok makan.
3.      Kunyit 1 panjang jari.
4.      Lombok besar 1 biji.
5.      Lombok kecil 3 biji.
6.      Ketumbar ½ sendok teh.
7.      Bawang putih 1 siung besar.
8.      Buah asam secukupnya.
9.      Penyedap rasa.
Cara membuat:

1.      Ikan segar dibersihkan sampai benar-benar bersih.
2.      Kemudian garam, kunyit, lombok besar, lombok kecil, ketumbar, bawang putih, buah asam dan penyedap rasa, ditumbuk dan dihaluskan dan jangan lupa diberi sedikit air sehingga hasilnya seperti ini: 
3.      Setelah bumbu-bumbu dihaluskan, kemudian masukkan ikan segar dan dioleskan hingga seperti ini:

4.      Setelah itu tiriskan atau didihkan di atas api hingga benar-benar matang, sehingga warna masakan seperti ini:

Sekarang ikan pindang siap saji, semuga bermanfa’at dan anda memiliki selera yang tinggi terhadap masakan ikan pindang..
NB: Jika ada yang belum jelas silahkan dilampirkan komentar ya,.,.,.,.







0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik