Romadlon

Written By zuhri zze on Sabtu, 08 Juni 2013 | 11.17

Kalau kita lihat lalu bandingkan suasana bulan Ramadhan dengan sebelum atau sesudahnya, kita akan melihat perbedaan yang mencolok. Di bulan Ramadhan, bukan hanya fenomena masjid-masjid yang pernuh sesak dengan orang-orang yang melaksanakan shalat tarawi. Penampilan para wanita pun mengalami metamoforsa.

Ruh Ramadhan menyusup ke relung-relung kehidupan siapa saja. Termasuk orang yagn semula sangat jauh dnegna ibadah. Ada orang-orang yang rajin ke masjid untuk melaksanakan shalat isya berjamaah dan shalat tarawih. Padahal sehari-harinya ia tidak demikian. Kenapa ?
Apa rahasia Ramadhan hingga bisa memikat dan menggugah fitrah insan untuk kembali ke hakikat penciptaannya : Ibadah. Rahasia-rahasia itu tentu saja berada di tangan allah. Dan kedekatan fitrah manusia dengan Ramadhan juga tidak lepas dari rancangaan besar Allah, kita hanya bisa menyebutkan beberapa keistimewaan Ramadhan berdasarkan informasi-informasi yang di sampaikan oleh-Nya dalam Quran atau oleh Rasul-Nya dalam hadits-hadits shahih. Antara lain sbb :
petama , Ramadhan adalah bulan di turunkannya Al-Qur'an dan Al-Qur'an adalah petunjuk hidup manusia . “ ( Beberapa hari yang di tentukan itu ialah ) Bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya di turunkan ( permulaan ) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil )” (QS. 2 : 185 ) . Dan tebtu saja bukan tanpa hikmah Allah S.W.T , memilih Ramadhan sebagai bulan turunnya Al-Qur'an.

Kedua, Ramadhan adalah bulan peningkatan dan pelipatgadaan kesabaran. Dalam hadits yang Di riwayatkan oleh Imam at. Tirmidzi,
Rasulullah S. A.W. Bersabda, “ Shaum adalah setengah kesabaran. “ dan kesabaran adalah hal paling menonjol saat seseorang melaksanakan ibadah pusasa. Bayangkan di hadapan nya adal segala sesuatu yang halal untuk di nikamti. Namun ia meninggalkannya karena mencari ridha allah S.W.T. Imam al-Ghazali mengatakan bahwa shaum merupakan seperempat imam, Analisisinya begini : Shaum adalah setengah kesabaran. Sedangkan dalam hadits lain di sebutkan bahwa kesabaran merupakan separuh iman.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik