Makna dan Tujuan Politik Islam

Written By zuhri zze on Kamis, 06 September 2012 | 05.58


Banyak orang, bahkan tidak mustahil orang yang mengaku beragama Islam sendiri, sering gelisah kalau mendengar politik Islam. Mereka pada dasarnya jelas tidak memahami apa sesungguhnya tujuan politik Islam atau tujuan perjuangan sosial-politik Islam itu. Ketidakpahaman tersebut yang membuat mereka menjadi khawatir atau sinis bahkan malah ketakutan bila mendengar ada kegiatan politik Islam tersebut. Lebih-lebih jika politik Islam kalah dan direpresi oleh musuh Islam yang sedang berkuasa.
Tujuan politik Islam pada hakikatnya menyelamatkan umat manusia yang berada dalam satu kelompok sosial khususnya dalam bentuk bangsa-negara agar selamat dari kesesatan, kerugian, dan kerusakan.

Politik Islam dalam bentuk gerakan berarti melakukan upaya keras bersama untuk menyebarluaskan ajaran Islam dalam dimensi sosialnya agar dipraktekkan dalam kehidupan bernegara untuk kebaikan nasib bangsa dan negara itu sendiri. Politik Islam yang pada hakikatnya adalah perjuangan penegakan syari’at sosial Islam dalam lingkup bangsa-negara jelas untuk menyelamatkan bangsa-negara itu dari krisis-krisis sosialnya agar bisa menjadi bangsa yang maju, bermoral, aman dan sejahtera, mendatangkan kemanfa’atan pada bangsa lain, bukan mengeksploitasi atau menjajah bangsa lain.
Individu muslim yang beriman dan bertaqwa secara benar tentu akan mengerjakan semua tuntunan dalam Islam secara keseluruhan yang meliputi; mengerjakan ibadah, berakhlak mulia, menjalankan syari’at sosial Islam dan selalu berusaha keras menyebarluaskan ajaran Islam.
Perjuangan sosial-politik ini menuntut adanya kelompok muslim solid dan teguh bercita-cita bersama untuk mempraktekkan tuntunan sosial Islam dalam proses pengelolaan tatanan sosial di mana mereka berada dengan kesiapan menghadapi persaingan atau tantangan sosial-politik dari pengikut ideologi lain.
Seorang muslim yang memiliki tauhid sosial atau muslim yang sadar tentang pentingnya manfa’at ajaran sosial-politik Islam dalam kehidupan bermasyarakat tentu akan bekerjasama untuk saling mendukung sesamanya dalam memberlakukan syari’at sosial Islam agar dipraktekkan dalam pengelolaan tatanan sosialnya agar tatanan sosial tersebut menjadi tatanan sosial yang aman dan sejahtera.






0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik