Manfa’at Pernikahan Dini

Written By zuhri zze on Kamis, 02 Agustus 2012 | 07.31


            Banyak manfa’at pernikahan dini, manfa’at ini banya bisa dirasakan oleh mereka yang sungguh-sungguh ikhlas, menikah untuk ibadah. Pernikahan dini bukanlah pernikahan yang ilegal akan tetapi juga bisa dikatakan sebagai pernikahan yang menyelamatkan, artinya menyelamatkan anak manusia dari perzinahan.
            Adapun di antara manfa’at dari pernikahan dini adalah sebagai berikut:
1.      Menyelamatkan dari penyimpangan seks
Seks ibarat air, jika dibendung dan dibiarkan menggenang tidak baik bagi kesehatan lingkungan sekitar. Jika dibiarkan mengalir tanpa arah, akan berbahaya juga, dia akan membanjiri dan merusak sekitarnya. Sebalikanya jika diatur dengan dibuatkan saluran khusus, akan mampu menghidupi ribuan hektar lahan sawah dan bermanfa’at bagi hewan ternak. 


Begitu juga seks, jika tidak disalurkan, akan menimbulkan banyak goncangan jiwa (setres) yang tidak baik bagi perkembangan mental. Jika tanpa sarluran yang jelas, berakibat penyimpangan seks (perzinahan). Sebaliknya jika diatur dalam saluran nikah, akan banyak manfa’atnya; akan lahir keturunan yang sehat lahir maupun bathin, memberikan kegembiraaan bagi keluarganya, kesenangan dan kenikmatan yang tidak terhingga bagi suami-istri itu sendiri.
Karena itulah Rasulullah s.a.w., mengingatkan dalam sabdanya:
“Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kamu telah siap menikah, maka segeralah menikah, karena nikah itu dapat memelihara pandangan dan menjaga kesucian farji (kemaluan)”. (HR: Bukhari dan Muslim).
Mereka yang menyegerakan menikah karena takut terjerumus pada lembah zina sangat agung dalam pandangan Islam.

2.      Sehat jasmani dan rohani
Penyaluran seks yang benar, itulah menjadi kunci kesehatan jasmani dalam rumah tangga. Berbagai survei menunjukkan, mereka yang berumah tangga lebih kebal dari penyakit dibanding yang belum menikah. Bahkan mereka yang telah berumah tangga jika sakit akan cepat sembuh dibandingkan yang masih bujangan.
Sementara itu secara mental atau rohani, mereka yang telah menikah lebih bisa mengendalikan emosinya dan mengendalikan nafsu seksnya. Hal itu sesuai dengan janji Rasulullah dalam hadits di atas bahwa nikah itu akan memelihara pandangan dan farji. Apalagi jika telah memiliki anak, kebahagiaan suami-istri lebih besar lagi. Itulah hikmah rumah tangga dari segi kesehatan jasmani dan rohani.
3.      Lebih cepat memiliki keturunan
Di antara tujuan pernikahan adalah berketurunan. Nikah dini memungkinkan mempercepat keturunan. Bagi istri, memiliki anak dalam rentang waktu 20-35 tahun adalah saat-saat yang paling baik. Sebaliknya mereka yang baru menikah di atas 30 tahun akan memiliki waktu subur yang sempit.


4.      Lebih banyak nilai ibadah
Rumah tangga lebih banyak memberikan nilai-nilai ibadah. Banyak lahan amal dalam rumah tangga, bagi suami; menghidupi anak-istri, memberikan nafkah bathin dan lain-lain adalah perbuatan yang sangat mulia bahkan dikategorikan jihad.
Begitu juga istri dalam menyediakan makanan bagi suami, menyambut saat datang kerja, mendidik anak akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Sebagaimana Rasulullah s.a.w., bersabda:
“Siapa di antara kalian (para istri dan ibu) ikhlas tinggal di rumah untuk mengasuh anak-anak dan melayani segala urusan suaminya, maka ia akan memperoleh pahala yang kadarnya sama dengan pahala para mujahidin di jalan Allah.” (HR: Bukhari dan Muslim).
5.      Lebih cepat dewasa
Banyak halangan dan rintangan dalam hidup berumah tangga. Halangan dan rintangan itu jika direnungi memberikan pendidikan mental yang baik. Mereka yang sering diterpa berbagai kesulitan akan mudah memahami hidup. Karena itulah rumah tangga lebih cepat mendewasakan seseorang dan ini penting artinya bagi kelangsungan hidup berikutnya. Semakin cepat menikah, maka akan kian cepat seseorang mencapai kedewasaannya.
            Demikianlah beberapa manfa’at dari pernikahan dini, pada dasarnya masih banyak sekali manfa’at dari pernikahan dini tersebut akan tetapi di sini hanya menyebutkan dengan penjelasan secara ringkas dan terperinci sehingga memudahkan bagi para masyarakat untuk memahaminya.





0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik