Tanda-tanda Hari Kiamat

Written By zuhri zze on Jumat, 13 Juli 2012 | 17.11


Hari kiamat adalah hari dimana berakhirnya seluruh kehidupan yang ada di bumi atau di alam semesta ini dan hanya Allah sajalah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat tersebut. Kita sebagai makhluknya hanya percaya dengan perkara yang ghaib tersebut karena kepercayaan ini akan membuat kita semakin bertqarrub kepada Tuhan kita sebagai Pencipta dalam rangka mengahadapi datangnya hari kiamat. Karena pada waktu hari kiamat tidak ada lagi pertolongan apapun kecuali pertolongan dari Allah s.w.t. Para ulama telah berbicara tentang tanda-tanda hari kiamat. Mereka mebaginya menjadi beberapa pembagian, sebagaian diatara mereka memperhatikan menurut tinjauan munculnya tanda-tanda tersebut dan zamannya, lalu membagi keduanya menjadi tiaga pembagian:
1.      Tanda-tanda yang telah tampak dan telah terjadi sesuatu dengan yang dikabarkan Rasulullah diantaranya: pengutusan dan kematian beliau, ditaklukkannya Baitul Maqdis, munculnya api di Hijaz, dan tanda-tanda lainnya yang telah terjadi dan telah berlalu.
2.      Tanda-tanda yang muncul dan terus menerus muncul secara berurutan. Ini sangat banyak, diantaranya: banyaknya gempa bumi, disia-siakannya amanah, diserahkannya urusan kepada yang bukan ahlinya, menjadikan masjid-masjid sebagai jalanan, diangkatnya ilmu, banyakya kebodohan, dan tanda-tanda hari kiamat selain itu yang sangat banyak.
3.      Alamat-alamat dan tanda-tanda besar yang belum nampak dan yang diikuti oleh terjadinya hari kiamat, diantaranya: keluarnya Al-Masih Ad-Dajjal, turunnya Isa bin Maryam As, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya Daabbah, terbitnya matahari dari barat dan semisalnya dengan itu.
Adapaun sebagian yang lain memparhatikan menurut tinjauan tanda-tanda itu sediri dan membaginya menjadi dua pembagian yaitu:
1.      Tanda-tanda kiamat sughra (kecil) yaitu tanda-tanda yang mendahului hari kiamat dengan waktu yang berjauhan seperti: tercabutnya ilmu, namaknya kebodohan, saling berlomba-lomba dalam meninggalkan bangunan dll.
2.      Tanda-tanda kiamat kubra (besar) yaitu tanda-tanda yang besar yang akan nampak ketika hari kiamat telah dekat seperti: keluarnya Dajjal, turunnya Isa As, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, dan tanda-tanda kubra lainnya.





0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik