Sebuah Perbandingan Tuhan

Written By zuhri zze on Sabtu, 30 Juni 2012 | 01.41


Tuhan Islam dan Pra-Islam (Arab)
Tuhan dalam Islam tidak mamiliki teman dan sekutu. Pra-Islam bermula dengan adanya berhala yang dibawa ke tanah Arab oleh ‘Amr bin Luhay. Mereka lalu mencampuradukkan antara monoteisme yang di bawa Ibrahim dan paganisme. Mereka percaya takdir yang kabur, kuat, dan tidak dapat ditawar-menawar melebihi apa yang manusia tidak dapat kendalikan. Paham ini diganti dengan gagasan Islam Tuhan Yang Maha Pemurah namun Maha Kuasa.
Tuhan Islam dan Tuhan Yahudi
Sejarawan menyetujui bahwa Muhammad dan sebagian pengikutnya menyembah Tuhan yang sama dengan Tuhan Yahudi. Sebagaimana diterangkan dalam Al-qur'an dibawa ini:
Artinya: “Dan janganlah kamu berdebat denganAhli kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan Katakanlah: "Kami Telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami Hanya kepada-Nya berserah diri".(Qs. Al-‘Ankabuut: 46) (yang dimaksud dengan orang-orang yang zalim ialah: orang-orang yang setelah diberikan kepadanya keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan dengan cara yang paling baik, mereka tetap membantah dan membangkang dan tetap menyatakan permusuhan).

Tuhan pencipta yang sama yang mengadakan perjanjian dengan Ibrahim. Digambarkan Tuhan Allah lebih kuat dan luas dari pada Yahwe, dan sebagai Tuhan alam semesta, tidak seperti Yahwe yang  hanya lebih dekat pada orang-orang Israel.
Tuhan Islam dan Tuhan Kristen
Kepercayaan Kristen bahwa Tuhan itu tiga pribadi dalam satu hakekat (trinitas). Dalam konsepsi Islam tentang Tuhan, tidak ada kesetaraan antara Tuhan dan ciptaan. Kehadiran Tuhan dipercaya ada di manapun, dan tidak menjelma sebagai siapa pun atau apa pun. Kristen memandang Muhammad sebagai setan atau Tuhan palsu yang disembah dalam trinitas yang tidak suci. Pandangan tradisional Kristen adalah bahwa Tuhan Muhammad sama dengan Tuhan Yesus.




0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
berita unik